Home » Peluang Usaha Pakan Ikan Berkelanjutan dan Cara Pemasarannya
Usaha Pakan Ikan

Peluang Usaha Pakan Ikan Berkelanjutan dan Cara Pemasarannya

Jika kamu adalah seorang pembudidaya ikan, artikel ini tepat banget untuk kamu baca agar bisa menjalankan usaha pakan ikan yang berkelanjutan.

69% tepung ikan dan 75% produksi minyak ikan digunakan untuk memberi makan ikan yang dibudidayakan. – Eitfood

Sehingga yang terjadi ikan teri dan ikan haring yang digunakan untuk pakan ditangkap secara berlebihan dan beberapa populasinya menurun. Lebih parahnya lagi, semua itu berdampak pada rantai makanan dimana ikan yang lebih besar bergantung pada ikan kecil sebagai makanannya. Selain itu, permintaan akan pakan ikan terus meningkat bersamaan dengan meningkatnya populasi manusia yang mana membutuhkan ikan untuk memenuhi proteinnya. 

Oleh karena itu, kalau kamu adalah seorang pembudidaya ikan, artikel ini tepat banget untuk kamu baca agar bisa menjalankan usaha pakan ikan yang berkelanjutan.

Apa itu Pola Pakan Ikan Berkelanjutan?

Melansir dari kabaralam.com, FAO memprediksi kebutuhan protein dunia akan meningkat hingga 70% pada tahun 2050 seiring bertambahnya populasi manusia. Maka dari itu, pakan ikan berkelanjutan harus mulai diterapkan. 

Pola pakan ikan berkelanjutan adalah pendekatan dalam memberikan makanan kepada ikan yang dipelihara dalam budidaya perikanan yang memperhatikan keberlanjutan lingkungan, kesehatan ikan, dan keefisienan sumber daya. Pola pakan ini didesain untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dan memastikan pertumbuhan dan perkembangan ikan yang sehat, sambil juga meminimalkan limbah dan konsumsi sumber daya alam.

Beberapa prinsip utama dalam pola pakan ikan berkelanjutan meliputi:

  • Penggunaan Bahan Baku yang Berkelanjutan

Pola pakan berkelanjutan memprioritaskan penggunaan bahan baku yang berasal dari sumber yang berkelanjutan, seperti sumber daya perikanan yang dikelola dengan baik atau bahan baku nabati yang ditanam secara bertanggung jawab.

  • Nutrisi yang Tepat

Pola pakan ini menjamin bahwa pakan yang diberikan kepada ikan mengandung nutrisi yang sesuai untuk pertumbuhan, kesehatan, dan perkembangan ikan. Ini memastikan ikan tumbuh dengan baik dan kurang rentan terhadap penyakit.

  • Manajemen Jumlah Pakan

Pola pakan berkelanjutan mencakup perencanaan yang hati-hati dalam pemberian pakan kepada ikan untuk menghindari pemborosan. Hal ini membantu dalam mengurangi pencemaran air karena sisa pakan yang tidak dimakan oleh ikan.

  • Pengurangan Limbah

Pola pakan ini mendorong praktik-praktik yang mengurangi limbah dalam sistem budidaya ikan, seperti mengoptimalkan jumlah pakan yang diberikan dan menggunakan teknologi yang lebih efisien.

  • Kesehatan Ikan

Perawatan kesehatan ikan yang baik adalah bagian integral dari pola pakan berkelanjutan. Ini mencakup pemantauan kesehatan ikan, mencegah penyakit, dan penggunaan obat-obatan yang sesuai dengan rekomendasi ahli.

Penerapan pola pakan ikan berkelanjutan bertujuan untuk menjaga keberlanjutan jangka panjang dalam budidaya perikanan dan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan, seperti pencemaran air dan overfishing. Ini juga bisa meningkatkan kualitas produk ikan dan menjaga industri perikanan yang sehat dan produktif.

Alternatif Pola Pakan Ikan Berkelanjutan

Melansir dari Eitfood, pakan ikan alternatif menggunakan kedelai dan jagung. Akan tetapi, bahan-bahan ini pun mendapatkan kritikan karena dianggap tidak berkelanjutan. Mengapa bisa dikatakan seperti itu?

Misalkan saja budidaya kedelai dalam skala besar memerlukan deforestasi masal atau penggundulan hutan. Selain itu, yang paling parah bisa menyebabkan polusi air. Ikan pun sulit mencerna pakan yang berasal dari kedelai. Kalau ikan susah mencerna pakan kedelai yang terjadi pakan bisa masuk ke dalam air budidaya ikan dan mengakibatkan pencemaran nutrisi. 

Oleh karena itu, kita bisa menggunakan bahan pakan ikan alternatif lain yang mengandung protein dan minyak nabati, ragi, serangga, dan ganggang. Bahan alternatif tersebut memiliki manfaat, antara lain:

  • Minyak dari ganggang

Penggunaan minyak dari ganggang bisa menggantikan manfaat dari minyak ikan. Minyak ganggang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ikan.

  • Rumput lau

Budidaya rumput laut memiliki potensi pertumbuhan yang signifikan. Rumput laut bermanfaat untuk ikan sebagai sumber serat.

  • Makanan serangga

Serangga kaya akan protein berkualitas tinggi. Berbagai jenis serangga mengandung nutrisi yang beragam, termasuk lemak sehat, vitamin, mineral, dan asam amino.Selain itu, serangga mudah dicerna oleh ikan sehingga tidak akan mencemari lingkungannya.

Selain nutrisi, alternatif pola pakan ikan berkelanjutan juga harus memikirkan terkait biaya yang dikeluarkan pun bisa lebih hemat. Inovasi pakan ikan berkelanjutan datang dari Prof. Dr. Ir. Mochamad Junus dari Universitas Brawijaya Fakultas Peternakan. 

Ia membuat inovasi pakan ikan yaitu mengubah limbah gurita menjadi pakan ternak dan ikan melalui proses silase. Proses silase adalah proses pengolahan hijauan makanan ternak dengan cara diawetkan melalui proses fermentasi dan dapat disimpan dalam waktu lama berkisar antara 3-6 bulan.

Mengapa limbah gurita bisa dijadikan pakan ikan berkelanjutan?

Menurut penelitiannya seperti dilansir dari laman Direktorat Inovasi dan Inkubasi, limbah gurita merupakan limbah organik yang sering dibuang begitu saja. Padahal kalau diolah bisa menjadi pakan ternak dan juga ikan yang kaya nutrisi. Penggunaan silase pun ramah lingkungan. Nah, selain bermanfaat untuk pakan ternak dan ikan. Pengolahan limbah gurita juga bisa membuka peluang lapangan kerja. 

Untuk mencoba mengolah limbah gurita menjadi pakan ikan, kamu bisa mencampurnya dengan bahan lain seperti jerami dan jagung. Kemudian dihancurkan dan dicampur dengan air. Campuran ini dimasukan ke dalam wadah khusus yang hermetik dan dipres untuk menghilangkan udaranya. Setelah beberapa bisa siap digunakan.

Peluang Jual-Beli Pakan Ikan Berkelanjutan

Pakan ikan berkelanjutan menjadi peluang lapangan kerja baru. Para peternak ikan atau pembudidaya bisa melakukan pengolahan pakan ikan juga. Peluangnya pun masih terbuka besar dan akan banyak dicari oleh para pedagang atau tengkulak. 

Agar lebih mudah dalam pemasarannya, kamu bisa menggunakan aplikasi PasarMIKRO. PasarMIKRO akan membantu petani, peternak, dan nelayan untuk mendapatkan permintaan komoditas dalam jumlah yang banyak dari tengkulak terpercaya. Para petani, peternak, atau nelayan gak perlu khawatir akan pembayarannya yang tempo atau tidak dibayar karena PasarMIKRO telah menyediakan fasilitas pembiayaan yaitu Talangin. Sehingga para pedagang akan membayar langsung kepada para petani, peternak, atau nelayan. 

PasarMIKRO pun menyediakan fitur yang mendukung untuk penjualan seperti fitur Pasar Baru, di mana kamu bisa menjual pakan ikan di sana dan para pedagang atau tengkulak bisa menemukannya dengan mudah. 

Tertarik untuk tahu lebih lanjut tentang PasarMIKRO? Isi form di bawah ini dan tim kami akan menghubungi kamu.

Form Lead Generation - Usaha Pakan Ikan Berkelanjutan

Atau, kamu bisa langsung coba dengan unduh aplikasinya di Google Play Store.

PasarMIKRO - Budidaya Ikan Mas

PasarMIKRO, Aplikasi Perdagangan untuk Petani, Peternak, Nelayan dan Pedagang Pertama dan No. 1 di Indonesia

Tidak ada waktu yang lebih baik dari sekarang untuk memulai perubahan, bergabunglah dengan komunitas perdagangan terpercaya hanya di PasarMIKRO!

Play Store Badge
Aplikasi Digitalisasi Perdagangan Agrikultur

Post navigation

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cara Menemukan Peluang Pasar Baru untuk Komoditas Agribisnis

Mengatasi Tantangan dalam Logistik dan Distribusi untuk Sektor Agrikultur

Lebih Mudah Bertransaksi dengan Fitur LangsungAja!

Cara Melakukan Pemasaran Telur Ayam yang Efektif