Home » Cara Menemukan Peluang Pasar Baru untuk Komoditas Agribisnis
PasarMIKRO - Peluang Pasar Komoditas Agrikultur

Cara Menemukan Peluang Pasar Baru untuk Komoditas Agribisnis

Artikel ini akan membantu kamu bagaimana mengenal dan mencari tahu peluang pasar baru, hingga tips bagaimana memanfaatkannya untuk komoditas agrikultur.

Mengetahui peluang pasar baru dalam komoditas agrikultur bisa memaksimalkan keuntungan. Dengan mengetahui peluang pasar baru berarti kamu bisa mendapatkan peluang pintu inovasi dan pertumbuhan usaha.

Cara awal untuk mengenal peluang pasar baru adalah melihat segmen pasar yang belum sepenuhnya dimanfaatkan. Termasuk penggunaan digitalisasi agrikultur yang bisa membuka peluang pasar baru untuk komoditas agrikultur.

Artikel ini akan membantu kamu bagaimana mengenal dan mencari tahu peluang pasar baru, hingga tips bagaimana memanfaatkannya untuk komoditas agrikultur.

Apa itu Segmentasi Pasar?

Seperti yang dituliskan sebelumnya, kamu bisa mencari tahu segmen pasar mana yang sudah kamu manfaatkan sepenuhnya dan yang belum. Lalu, apa itu segmen atau segmentasi pasar?

Adapun pengertian segmentasi pasar menurut para ahli, antara lain:

  1. Kasali

Segmentasi adalah kegiatan mengklasifikasikan pasar ke dalam kelompok-kelompok yang menjadi konsumen potensial serta memiliki kesamaan perihal yang dibutuhkan atau kesamaan karakteristik juga respon yang sama dalam penggunaan uangnya.

  1. Saladin

Suatu metode yang menggolongkan pasar kedalam beberapa golongan pembeli yang mungkin sama dengan kebutuhan pasar dan juga karakteristik yang sering memperlihatkan hubungan yang sama.

  1. Pride dan Ferrel

Suatu proses membagi pasar ke dalam segmen-segmen pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik yang menunjukkan adanya kesamaan perilaku pembeli.

  1. Philip Kotler dan Gary Amstrong

Segmentasi pasar merupakan suatu proses membagi pasar ke dalam segmen-segmen pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik yang menunjukkan adanya kesamaan perilaku pembeli.

Nah, dari pengertian segmentasi pasar menurut para ahli, kamu sudah bisa menyimpulkan kan apa itu segmentasi pasar. Ya, secara umum, segmentasi pasar adalah strategi atau cara untuk mengelompokkan konsumen kedalam beberapa kelompok.

Kelompok atau jenis dari segmentasi pasar terdiri dari:

  1. Segmentasi perilaku : pengelompokan konsumen berdasarkan tingkah lakunya.
  2. Segmentasi demografis : pengelompokan konsumen berdasarkan usia, jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan, status menikah.
  3. Segmentasi psikografis : pengelompokan konsumen berdasarkan gaya hidup, hobi, dan ketertarikan lainnya.
  4. Segmentasi geografis : pengelompokan konsumen berdasarkan tempat tinggal

Untuk menemukan peluang pasar baru, kamu bisa mulai dengan mulai pengelompokan segmen pasar mana yang belum dimanfaatkan, mana yang sudah berjalan atau pun yang belum sepenuhnya.

Peluang Pasar Baru dalam Komoditas Agrikultur

Ada banyak peluang untuk pasar baru dalam komoditas pertanian. Beberapa area yang paling menjanjikan meliputi:

  • Pertanian Vertikal

pertanian vertikal adalah metode menanam tanaman di dalam ruangan dalam lapisan bertumpuk, menggunakan cahaya dan air buatan. Metode ini dapat digunakan untuk menghasilkan makanan di daerah perkotaan, di mana tanahnya langka dan iklimnya tidak ideal untuk pertanian tradisional.

  • Aquaponik

Aquaponik adalah sistem yang menggabungkan akuakultur (budidaya ikan) dan hidroponik (tanaman tanpa tanah) untuk menghasilkan makanan dengan cara yang berkelanjutan. Kotoran ikan menyediakan nutrisi bagi tanaman, dan tanaman menyaring air untuk ikan.

  • Pertanian Regeneratif

Pertanian regeneratif adalah metode pertanian yang berfokus pada peningkatan kesehatan tanah dan keanekaragaman hayati. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan tanaman penutup, rotasi tanaman, dan praktik lain yang membantu membangun bahan organik tanah.

  • Pertanian Presisi

Pertanian presisi menggunakan data dan teknologi untuk meningkatkan hasil panen dan mengurangi biaya input. Hal itu bisa dilakukan dengan menggunakan sensor untuk memantau kesehatan tanaman, drone untuk menyemprot pestisida dan pupuk, serta alat lainnya.

  • Pertanian Cerdas Iklim

Pertanian cerdas iklim adalah metode pertanian yang beradaptasi dengan dampak perubahan iklim dan memitigasi emisi gas rumah kaca. Metode ini penting untuk memastikan ketahanan pangan dalam perubahan iklim.

Tips Mempermudah Menemukan Peluang Pasar Baru

Butuh waktu untuk menemukan dan kemudian memanfaatkan dari peluang pasar baru tersebut. Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa menemukan peluang pasar baru untuk komoditas agrikultur, antara lain:

  1. Melakukan Riset

Riset pasar adalah suatu kegiatan atau proses untuk mengetahui keinginan atau permintaan pasar terhadap suatu produk atau layanan. Nah, jadi sebelum kamu menjelajahi peluang pasar baru, cari tahu dulu bagaimana persaingan di pasar tersebut, apa keinginannya, dan peraturan apa yang mengikatnya.

  1. Masuk Komunitas yang Sesuai

Untuk mulai mengenal secara dalam terkait komoditas pasar baru, kamu bisa mulai mencari dan masuk dalam komoditasnya. Di dalam komunitas tersebut, biasanya kamu bisa juga bertemu dengan orang yang pakar di bidangnya. Dari pakar industri atau pasar tersebut, kamu bisa menggali ilmu dan pengalaman.

  1. Mengikuti Event atau Pameran Dagang

Selain komunitas, ada lagi cara untuk belajar dan mendapatkan ilmu mengenai peluang pasar baru dan mendapatkan pedagang potensial. Khususnya saat kamu mengikuti pameran dagang, kamu bisa berjejaring dengan banyak orang, dan bisa mendapatkan testimoni langsung terkait produk mu.

  1. Mulai Membuat Rencana Pemasaran

Setelah melakukan riset, saatnya kamu membuat rencana pemasaran. Rencana pemasaran merupakan cara atau strategi untuk membantu bisnis mencapai tujuannya. Rencana ini harus mencakup target pasar, pesan pemasaran, dan anggaran pemasaran.

  1. Memanfaatkan Teknologi Digital

Salah satu pintu untuk mempermudah menemukan peluang pasar baru adalah menggunakan teknologi digital. Teknologi digital bisa membuka peluang baru untuk menjelajah pasar baru untuk komoditas pertanian. Adapun beberapa contoh yang bisa kamu manfaatkan, antara lain:

    • Media sosial : kamu bisa manfaatkan sebagai saluran untuk mempromosikan komoditas agrikulturmu. Kamu bisa mendapatkan pedagang potensial dari berbagai wilayah.
    • Aplikasi perdagangan agrikultur : aplikasi saat ini beragam mulai dari membantu untuk penjualan, akuntansi sampai dengan memberi tahu para petani, peternak, dan nelayan untuk mendapatkan informasi terkait harga pasar, kondisi cuaca, dan faktor lain.
Peluang Pasar Agribisnis

PasarMIKRO, Aplikasi Perdagangan untuk Petani, Peternak, Nelayan dan Pedagang Pertama dan No. 1 di Indonesia

Tidak ada waktu yang lebih baik dari sekarang untuk memulai perubahan, bergabunglah dengan komunitas perdagangan terpercaya hanya di PasarMIKRO!

Play Store Badge
Aplikasi Digitalisasi Perdagangan Agrikultur

Pertanyaan Umum Seputar Peluang Pasar

Apa itu segmentasi pasar?

Segmentasi pasar adalah kegiatan mengelompokkan pasar ke dalam kelompok-kelompok yang memiliki kesamaan dalam kebutuhan, karakteristik, dan perilaku pembeli.

Apa saja jenis-jenis segmentasi pasar?

  • Segmentasi perilaku: Pengelompokan konsumen berdasarkan tingkah laku mereka.
  • Segmentasi demografis: Pengelompokan konsumen berdasarkan usia, jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan, dan status menikah.
  • Segmentasi psikografis: Pengelompokan konsumen berdasarkan gaya hidup, hobi, dan ketertarikan lainnya.
  • Segmentasi geografis: Pengelompokan konsumen berdasarkan lokasi geografis atau tempat tinggal.

Apa saja peluang pasar baru dalam komoditas agrikultur?

  • Pertanian Vertikal: Metode menanam tanaman dalam lapisan bertumpuk di dalam ruangan, memanfaatkan cahaya dan air buatan.
  • Aquaponik: Sistem yang menggabungkan akuakultur dan hidroponik untuk menghasilkan makanan secara berkelanjutan.
  • Pertanian Regeneratif: Metode pertanian yang fokus pada peningkatan kesehatan tanah dan keanekaragaman hayati.
  • Pertanian Presisi: Penggunaan data dan teknologi untuk meningkatkan hasil panen dan mengurangi biaya input.
  • Pertanian Cerdas Iklim: Metode pertanian yang beradaptasi dengan perubahan iklim dan memitigasi emisi gas rumah kaca.

Apa tips untuk mempermudah menemukan peluang pasar baru?

  1. Melakukan riset pasar untuk memahami kebutuhan dan persaingan di pasar yang dituju.
  2. Bergabung dengan komunitas terkait untuk memperoleh pengetahuan dan pengalaman dari pakar industri atau pasar tersebut.
  3. Mengikuti event atau pameran dagang untuk berjejaring dengan banyak orang dan mendapatkan testimoni langsung.
  4. Membuat rencana pemasaran yang mencakup target pasar, pesan pemasaran, dan anggaran pemasaran.
  5. Memanfaatkan teknologi digital, seperti media sosial dan aplikasi perdagangan agrikultur, untuk memperluas jangkauan dan mempromosikan produk komoditas agrikultur.

Post navigation

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10 Tips Jitu Jualan Produk Agrikultur Secara Online

Inilah Cara Agar Petani Garam Mendapatkan Laba yang Besar

Raih Untung Ganda Budidaya Dengan Teknik Polikultur

Tips Menemukan dan Menjangkau Konsumen Produk Pertanian Kamu