Home » Tips Menemukan dan Menjangkau Konsumen Produk Pertanian Kamu
Produk Pertanian

Tips Menemukan dan Menjangkau Konsumen Produk Pertanian Kamu

Artikel ini akan membantu Anda untuk menemukan cara untuk memasarkan produk pertanianmu dan menemukan pasar yang tepat.

Indonesia dikenal sebagai negara agraris dan maritim. Betapa kayanya sumber daya alam yang sudah Indonesia miliki ya. Maka tak heran, pada saat awal pandemi Covid-19, banyak sektor mengalami penurunan sedangkan agribisnis di Indonesia semakin meningkat. Dari sini kita bisa lihat bahwa Indonesia mampu menjadi pemasok produk pangan di tingkat global.

Nilai Eksport Sektor Pertanian Indonesia (2016 - 202111110
Sumber: Databoks

Kementerian Perdagangan (Kemendag) Indonesia menunjukkan, nilai ekspor nonmigas sektor pertanian Indonesia mencapai US$ 3,83 miliar periode Januari-November 2021. Nilai tersebut meningkat 4,1% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang tercatat sebesar US$ 3,68 miliar. – Katadata

Sumber: DataIndonesia.id

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melaporkan, jumlah produksi ikan telah mencapai 17,76 juta ton sejak kuartal I-III/2022. Angkanya sudah mencapai 68,07% dari target produksi ikan sepanjang tahun ini yang sebesar 27,09 ton.DataIndonesia.id

Pasar untuk komoditas agribisnis semakin berkembang akan membawa dampak yang baik tentunya untuk para petani, nelayan, dan juga peternak. Tetapi, bisa juga membuat kewalahan dalam menjualnya.

  • Kepada siapa menjualnya?
  • Dengan cara apa menjualnya?
  • Bagaimana cara menentukan harga panen?

Beberapa pertanyaan di atas akan menjadi pertimbangan saat memasarkan komoditas agribisnis. Nah, untuk Anda para petani, nelayan, dan juga peternak yang sedang mengalami kebingungan dalam menjual produk atau juga bagi Anda yang ingin memulai agribisnis. Artikel ini akan membantu kamu untuk menemukan cara untuk memasarkan komoditas dan menemukan pasar yang tepat.

Memahami Target Pasar adalah Kunci Awal Pemasaran

Komoditas agribisnis Indonesia sudah terkenal keunggulannya. Akan tetapi produk yang unggul belum tentu berharga kalau tidak diterima oleh orang-orang yang membutuhkan dan menginginkannya.

Pasar yang tidak tepat dapat mengubah produk yang hebat menjadi kegagalan besar. Melansir dari Network Advertising Initiative, “iklan yang ditargetkan berdasarkan perilaku dua kali lebih berharga dan dua kali lebih efektif daripada iklan yang tidak ditargetkan.” Jadi, apa itu target pasar?

Target pasar adalah sekelompok orang yang telah diidentifikasi sebagai pelanggan potensial yang paling mungkin untuk suatu produk karena karakteristik mereka yang sama, seperti usia, pendapatan, dan gaya hidup.

Mulai pikirkan, siapa saja yang menginginkan produk kamu. Untuk mengetahui target pasar, kamu bisa mulai dengan mengelompokkan segmentasi pasar, seperti di bawah ini:

1. Demografik

Segmentasi demografik adalah hal yang paling utama dan mendasar dalam menentukan target pasar. Apa saja yang termasuk segmentasi demografik?

  • jenis kelamin
  • usia
  • tingkat pendidikan
  • tingkat pendapatan
  • pendidikan

Dari pengelompokkan di atas, apa kamu sudah bisa mengelompokkan komoditas agribisnis yang kamu punya?

2. Geografik

Untuk segmentasi yang satu ini, target pasar fokus berdasarkan lokasi atau wilayah. Dengan segmentasi geografik, kamu bisa tahu kebutuhan masing-masing dari target pasar setiap wilayah.

3. Psikografis

Segmen pasar yang satu ini membagi target pasar berdasarkan kelas ekonomi, preferensi gaya hidup, dan juga kepribadian.

4. Perilaku

Untuk segmentasi perilaku, pengelompokkan konsumen ini berdasarkan tingkah lakunya. Kamu dapat mengelompokkan mulai dari sikap, pengetahuan, lotalitas serta respon akan produk tersebut.

Langkah-Langkah Untuk Menemukan Pembeli yang Tepat

Setelah menentukan target pasar, masih ada tahapan-tahapan yang harus kamu lakukan untuk mengidentifikasikan dan menargetkan pembeli yang tepat untuk produk agrikultur kamu, di antaranya:

1. Memahami Nilai Produk

Kamu sebagai nelayan, petani, dan juga peternak dapat menemukan pedagang atau tengkulak yang tepat jika dapat memahami kualitas produk yang dimiliki. Misalkan saja, hasil panen yang kamu miliki yakni bersih, bebas pestisida dan herbisida, serta aman dari penyakit. Dengan lebih memahami produk yang dimiliki, kamu akan semakin percaya diri saat melakukan penjualan ke tengkulak atau pedagang.

2. Membuat Persona Pembeli

Persona pembeli merupakan representasi dari tipe target pelanggan sebuah bisnis yang diperoleh dari hasil riset pasar mendalam. Riset pasar yang dilakukan seperti survei, kelompok fokus, dan wawancara. Sehingga hasil dari riset pasar tersebut, kamu akan mendapatkan data untuk menentukan karakteristik dan mengungkapkan kebutuhan pelanggan.

3. Identifikasi Kanal Penjualan

Bagaimana kamu sebagai petani, nelayan, dan juga peternak akan memasarkan produk? Selama ini, tengkulak atau pengepul membantu petani, nelayan, dan peternak untuk memasarkan komoditasnya. Peranan tengkulak dalam membantu penjualan masih sangat efektif, lho! Selain membantu penjualan, tengkulak juga berfungsi sebagai mitra dalam hal finansial dan penasihat pertanian.

Sayangnya, untuk menemukan tengkulak atau pengepul yang terbaik cukup sulit. Padahal saat mendapatkan tengkulak atau pengepul yang terbaik, akan membantu nelayan, petani, dan peternak untuk menghubungkan ke para distributor dan perusahaan yang tertarik membeli komoditas pertanian.

Oleh karena itu, untuk menemukan tengkulak yang terbaik, kamu dapat menggunakan PasarMIKRO. Dengan PasarMIKRO, kami membantu para petani, peternak, nelayan bisa bertemu dengan tengkulak terbaik yang telah kami kurasi berdasarkan pengalaman sebelumnya.

Mengapa Harus Gunakan PasarMIKRO?

Pernahkah kamu mengalami pengalaman buruk misalkan telah melakukan transaksi dan melakukan pengiriman. Akan tetapi, pembayaran dari tengkulak atau pengepul tidak dibayarkan. Hal semacam itu jelas akan membawa kerugian dan bisa saja menyebabkan trauma untuk bekerjasama dengan pihak lain.

PasarMIKRO bisa menjadi komunitas perdagangan terpercaya yang akan menemukan para petani, peternak, dan nelayan dengan para tengkulak atau pedagang terbaik.

  • Mudah dan aman digunakan : Kamu tidak perlu khawatir, kami memiliki tim lapangan yang akan melakukan survey langsung untuk memastikan kredibilitas tengkulak atau pedagang di PasarMIKRO. Dan yang paling penting, kami akan membayarkan sejumlah nilai transaksi setelah barang dikirim. Untuk melihat transaksi sudah masuk atau belum ke akun, kamu dapat melihat di fitur “Uang Usaha”.
  • Memiliki pasar yang luas : Kamu tidak perlu pergi ke kota satu dan lain untuk mendapatkan pedagang atau tengkulak. Cukup dari satu aplikasi, kamu sudah bisa bertemu para tengkulak yang ada di belahan kota dan daerah Indonesia melalui fitur “Pasar Baru”.
  • Transparansi dalam mengelola keuangan : di PasarMIKRO kamu tidak perlu khawatir transaksi pemasukan dan pengeluaran dari usaha kamu akan tertinggal. Melalui fitur “Catatan Keuangan”, kamu dapat memantau riwayat pemasukan dan pengeluaran usaha kamu dengan mudah dan cepat.

Satu hal lagi, semua pengguna baik petani, peternak ataupun nelayan hingga para tengkulak dan pedagang yang menggunakan PasarMIKRO telah melalui pemeriksaan keamanan. Jadi, kamu tidak perlu ragu lagi untuk bertransaksi ya!

Pedagang Sayuran di Pasar

PasarMIKRO, Aplikasi Perdagangan untuk Petani, Peternak, Nelayan dan Pedagang Pertama dan No. 1 di Indonesia

Tidak ada waktu yang lebih baik dari sekarang untuk memulai perubahan, bergabunglah dengan komunitas perdagangan terpercaya hanya di PasarMIKRO!

Play Store Badge
Aplikasi Digitalisasi Perdagangan Agrikultur

Pertanyaan Umum Seputar Menjangkau Konsumen Produk Pertanian

Kepada siapa menjual produk pertanian?

Produk pertanian dapat dijual kepada tengkulak, pedagang, distributor, dan perusahaan yang tertarik membeli komoditas pertanian.

Dengan cara apa produk pertanian dapat dijual?

Produk pertanian dapat dijual melalui tengkulak atau pengepul, yang membantu petani, nelayan, dan peternak dalam memasarkan komoditasnya. Tengkulak juga berfungsi sebagai mitra dalam hal finansial dan penasihat pertanian.

Bagaimana cara menentukan harga panen?

Penentuan harga panen dapat dilakukan melalui beberapa faktor, seperti biaya produksi, permintaan pasar, kualitas produk, persaingan dengan produk serupa, dan faktor-faktor ekonomi lainnya.

Apa yang dimaksud dengan persona pembeli dalam pemasaran produk agrikultur?

Persona pembeli adalah representasi dari tipe target pelanggan yang diperoleh dari riset pasar mendalam, seperti survei, kelompok fokus, dan wawancara. Persona pembeli membantu dalam menentukan karakteristik dan mengungkapkan kebutuhan pelanggan yang menjadi target pasar.

Post navigation

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cara Menanam Kangkung yang Mudah sampai Ke Penjualannya

Inilah 3 Cara yang Tepat untuk Membuat Label dan Kemasan Produk Agri Kamu!

Cara Menemukan Peluang Pasar Baru untuk Komoditas Agribisnis

7 Cara Memanfaatkan Media Sosial untuk Mempromosikan Hasil Pertanian Kamu