Home » Cara Melakukan Pemasaran Telur Ayam yang Efektif
PasarMikro - Telur Ayam

Cara Melakukan Pemasaran Telur Ayam yang Efektif

Permintaan telur ayam meningkat, kamu harus tahu bagaimana strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan penjualan. Yuk cari tahu di sini!

Produksi telur ayam di Indonesia terus meningkat. Dilansir dari Katadata, produksi telur ayam meningkat sampai 10 kali lipat dalam dua dekade belakangan ini. Sepanjang 2022, produksi telur ras ayam petelur mencapai 5,57 juta ton, meningkat 7,9% dibanding 2021. 

Hal ini menunjukan konsumsi masyarakat terhadap telur ayam meningkat. Permintaan telur ayam meningkat, kamu harus tahu bagaimana strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan penjualan. Yuk cari tahu di sini!

Pemasaran Telur Ayam Cara Sederhana

Melansir dari jurnal “ Perencanaan Strategi Pemasaran Telur Ayam Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Peternakan Budi Daya Alam Lestari Dengan Metode Marketing Mix Dan Topsis” yang diterbitkan UIN Sultan Syarif Kasim Riau diketahui bahwa pemasaran yang dilakukan di peternakan tersebut masih dilakukan dengan cara sederhana. 

Pemasaran yang dilakukan dilakukan melalui mulut ke mulut atau dikenal dengan istilah word of mouth. Selain itu, mereka juga memasarkan telur ayam melalui aplikasi chatting. Pemasaran yang dilakukan masih kurang luas sehingga menimbulkan berbagai kendala, misalkan: 

  • Telur tidak terjual habis banyak tersisa
  • Banyak telur pecah, dan
  • Telur banyak tersimpan di ruang penyimpanan
  • Menurunkan jumlah pendapatan

Dari jurnal lainnya yang berjudul “Strategi Pemasaran Telur Ayam Ras di Desa Pasir Utama” yang diterbitkan oleh Universitas Pasir Pengaraian, peternak telur ayam ras di Desa Pasir Utama melakukan pemasaran dengan berbagai hal, misalkan:

  • mengantarkan pembelian ke konsumen
  • memasukkan ke setiap warung
  • dijemput oleh pedagang pengecer
  • memasarkan telur ke perusahaan seperti PT SAI, PT PIS

Cara-cara di atas, lebih baik dibandingkan cara pemasaran yang memanfaatkan metode dari mulut ke mulut. Akan tetapi cara pemasaran yang menjual dengan ecer atau langsung ke warung pun memiliki kekurangan antara lain:

  • banyaknya saingan yang memasukkan ke warung tersebut,
  • menjual ecer membuat distribusi lebih sulit dan lama, 
  • dan tentunya menjual ecer memeroleh margin yang kecil.

Faktor-faktor yang Memengaruhi Pemasaran

Ada dua faktor besar yang paling memengaruhi pendapatan peternak telur ayam berdasarkan jurnal yang diterbitkan UIN Sultan Syarif Kasim Riau, antara lain:

  1. Faktor Promosi

Berkaca dari peternakan Budi Daya Alam Lestari yang masih melakukan pemasaran dari mulut ke mulut, bisa melakukan promosi yang belum dapat dicoba. Tujuan melakukan promosi di antaranya:

    • mendapatkan pelanggan baru
    • mempertahankan pelanggan yang sudah ada
    • mendorong pelanggan membeli dalam jumlah yang banyak
    • memperluas target pasar

Promosi salah satu faktor yang paling banyak disukai atau diminati oleh pelanggan. Promosi dapat disesuaikan dengan lokasi dan target pasar itu sendiri.

  1. Harga Telur Ayam

Akhir-akhir ini, harga telur ayam sudah kembali menurun. Sebelumnya, harga ayam mengalami kenaikan yang drastis di berbagai kota. Hal ini disebabkan oleh harga pakan ayam yang berasal dari jagung yang sedang mengalami kenaikan harga. Harga telur ayam tertinggi berada di Kalimantan Udara yaitu Rp41.250 per kg. Selisih harga telur ayam meskipun Rp1.000 per kilogram bisa membuat pelanggan mudah beralih.

  1. Saluran Distribusi

Peternak ayam bisa membuat diversifikasi saluran distribusi. Saat sudah menentukan diversifikasi saluran, kamu bisa membuat persentase untuk lebih besar di saluran mana.

Ada beberapa saluran distribusi menurut Swastha dan Irawan antara lain:

    1. Produsen —-> Konsumen
    2. Produsen —–> Pengecer—-> Konsumen
    3. Produsen ——> Pedagang Besar —–> Pengecer—-> Konsumen
    4. Produsen ——> Agen—–> Pengecer—–> Konsumen
    5. Produsen ——-> Agen——> Pedagang Besar —-> Pengecer —–> Konsumen

Keuntungan Menjual Telur Ayam ke Pengepul

Menjual telur ayam ke pengepul memiliki beberapa keuntungan, pengepul bisa menjadi distribusi yang baik dalam industri telur ayam. Berikut beberapa keuntungan menjadikan  pengepul sebagai pilihan distribusi pemasaran yang utama:

  1. Efisiensi Logistik

Pengepul biasanya memiliki jaringan distribusi yang kuat dan efisien. Mereka dapat mengumpulkan telur dari berbagai peternakan dalam satu area dan mengirimkannya ke berbagai pasar dengan lebih efisien daripada peternak yang harus menjangkau pelanggan secara langsung.

  1. Pengetahuan Pasar

Pengepul memiliki pemahaman yang lebih baik tentang permintaan dan harga di pasar lokal dan regional. Mereka dapat membantu peternak menyesuaikan pasokan mereka dengan permintaan yang fluktuatif.

  1. Pembayaran yang Cepat

Biasanya, pengepul membayar peternak dengan cepat setelah mengambil telur, yang dapat membantu peternak mengelola arus kas mereka lebih baik.

  1. Pemrosesan dan Penyimpanan

Pengepul sering memiliki fasilitas pemrosesan dan penyimpanan yang memadai untuk menjaga kualitas telur. Ini dapat membantu menghindari kerugian produk.

  1. Akses ke Pasar yang Lebih Besar

Dengan bekerja dengan pengepul, peternak dapat memiliki akses lebih besar ke berbagai pasar, termasuk pengecer, restoran, dan pasar grosir.

Lakukan Promosi Penjualan

Dilansir dari agricdemy.com, promosi penjualan terbaik adalah memastikan pasokan yang teratur, kualitas yang sangat baik, dan presentasi yang menarik. Salah satu yang tidak bisa dikendalikan ialah memastikan pasokan yang teratur karena berhubungan dengan kesehatan dari hewan ternak. Selain hal-hal di atas, kamu bisa juga membuat promosi misalkan memberikan diskon untuk pemesanan dalam jumlah banyak ataupun memberikan bonus tambahan.

Aktif dalam Komunitas Peternak

Kamu bisa mulai bergabung dengan komunitas peternak telur setempat. Melibatkan komunitas sebagai saluran pemasaran telur ayam dapat membawa banyak keuntungan. Pertama, ini memungkinkan peternak untuk membangun hubungan yang erat dengan konsumen setempat, sehingga mereka dapat lebih baik memahami kebutuhan dan preferensi pasar. Selain itu, komunitas menciptakan kesempatan untuk mendukung pertanian lokal dan ekonomi komunitas, mengurangi jejak karbon dengan mengurangi perjalanan produk, dan mempromosikan praktik pertanian berkelanjutan.

Komunitas yang merasa terlibat juga cenderung lebih setia dan mendukung produk peternak dengan antusiasme, yang dapat membantu meningkatkan penjualan dan keberlanjutan bisnis peternak dalam jangka panjang. Dengan demikian, melibatkan komunitas adalah strategi pemasaran telur ayam yang bijaksana untuk manfaat kedua peternak dan konsumen setempat.

Memilih Pengepul yang Terpercaya

Dalam dunia pertanian, terutama dalam pemasaran telur ayam, kasus pengepul yang tidak baik dapat menjadi masalah serius. Beberapa oknum pengepul mungkin tidak mengutamakan kualitas produk atau memanipulasi harga untuk keuntungan pribadi. Mereka juga mungkin tidak membayar peternak dengan adil atau bahkan menunda pembayaran, yang dapat merugikan peternak secara finansial. 

Pengepul yang tidak bertanggung jawab juga dapat mengabaikan standar kebersihan dan keamanan makanan, meningkatkan risiko kontaminasi dan masalah kesehatan. Oleh karena itu, penting bagi peternak untuk berhati-hati dalam memilih pengepul yang mereka kerja sama dengan.

Temukan Pengepul yang Terpercaya melalui Aplikasi PasarMIKRO

Salah satu cara efektif untuk menemukan pengepul yang terpercaya adalah melalui aplikasi PasarMIKRO. PasarMIKRO memastikan pengepul atau tengkulak yang bergabung adalah yang terbaik, kami melakukan kurasi berdasarkan pengalaman mereka sebelumnya. Sehingga peternak telur dapat dengan mudah menemukan pengepul yang telah terverifikasi dan memiliki reputasi baik.

PasarMIKRO pun menyiapkan berbagai fitur yang dibutuhkan oleh para petani, peternak, nelayan dan juga para pengepul. Selain itu, PasarMIKRO juga memberikan jaminan pembayaran yang adil dan tepat waktu, sehingga peternak tidak perlu khawatir tentang masalah keuangan.

Dengan memanfaatkan aplikasi PasarMIKRO, peternak dapat menghindari kasus pengepul yang tidak baik, meningkatkan efisiensi dalam pemasaran telur ayam mereka, dan membangun kerja sama yang berkelanjutan dengan pengepul yang terpercaya. 

Cari tahu fitur apa saja yang berguna untuk agribisnis kamu, isi form di bawah ini, dan tim kami akan menghubungi mu.

Form Lead Generation - Pemasaran Telur Ayam

Dan unduh aplikasinya di Google Play Store, gratis!

PasarMIKRO - Andik Kurniawan Pedagang Ayam

PasarMIKRO, Aplikasi Perdagangan untuk Petani, Peternak, Nelayan dan Pedagang Pertama dan No. 1 di Indonesia

Tidak ada waktu yang lebih baik dari sekarang untuk memulai perubahan, bergabunglah dengan komunitas perdagangan terpercaya hanya di PasarMIKRO!

Play Store Badge
Aplikasi Digitalisasi Perdagangan Agrikultur

Post navigation

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Apa itu Produk Domestik Bruto (PDB)? Berikut Seluk-Beluk Tentang PDB

Tips Menemukan dan Menjangkau Konsumen Produk Pertanian Kamu

Strategi Agribisnis Tetap Berjalan Saat Fluktuasi Harga

Apa itu Agribisnis dan Bagaimana Tolak Ukur Kesuksesannya?