{"id":1328,"date":"2023-06-26T10:21:36","date_gmt":"2023-06-26T03:21:36","guid":{"rendered":"https:\/\/www.pasarmikro.id\/buletin\/?p=1328"},"modified":"2023-06-27T15:23:37","modified_gmt":"2023-06-27T08:23:37","slug":"riset-pasar-fondasi-awal-untuk-sukses-dalam-perdagangan-agribisnis","status":"publish","type":"post","link":"https:\/\/www.pasarmikro.id\/buletin\/riset-pasar-fondasi-awal-untuk-sukses-dalam-perdagangan-agribisnis\/","title":{"rendered":"Riset Pasar, Fondasi Awal untuk Sukses dalam Perdagangan Agribisnis"},"content":{"rendered":"\n

Riset pasar merupakan hal dasar dalam penjualan, pemasaran, dan pengambilan keputusan yang sukses dalam sektor agrikultur<\/a>. Mengapa riset pasar merupakan hal yang mendasar dan bisa membuat usaha kamu sukses?<\/p>\n\n\n\n

Pernahkah, kamu mengambil keputusan dan merasa ragu atau ada sesuatu yang tidak pasti? Nah, saat kita mengambil keputusan ada risiko juga yang harus ditanggung. Dengan adanya riset pasar, kamu bisa melihat informasi berupa fakta-fakta dan data sesuai yang terjadi di lapangan. Sehingga informasi atau data yang kamu terima, bisa mengurangi ketidakpastian atau keraguan untuk mengambil keputusan.<\/p>\n\n\n\n

Sekarang, saatnya kamu cari tahu lebih bagaimana riset pasar bisa membuat agribisnis sukses, apa yang harus dilakukan, dan bagaimana tahapannya? Kami akan membahasnya secara lengkap di bawah ini.<\/p>\n\n\n\t\t\t\t

\n\t\t\t\t
\n\t\t\t\t\t\t
\n\t\t\t\t\t\t\tDaftar Isi<\/strong>\t\t\t\t\t\t<\/div>\n\t\t\t\t\t\t\t\t\t\t\t\t\t\t\t\t
\n\t\t\t\t\t\t
  1. Apa Itu Riset Pasar?<\/a>
  2. Tujuan dan Manfaat Riset Pasar<\/a>
  3. Contoh Riset Pasar untuk Perdagangan Hasil Pertanian<\/a>
  4. Metode-Metode dalam Riset Pasar<\/a>
  5. Tahapan-Tahapan Melakukan Riset<\/a>
  6. PasarMIKRO, Aplikasi Perdagangan Komunitas Terpercaya<\/a>
  7. Pertanyaan Umum Seputar Riset Pasar<\/a><\/ol>\t\t\t\t\t<\/div>\n\t\t\t\t\t\t\t\t\t<\/div>\n\t\t\t\t<\/div>\n\t\t\t\n\n\n

    Apa Itu Riset Pasar?<\/h2>\n\n\n\n

    Apa produk komoditi yang kamu jual? Selama ini apakah pemasaran yang kamu lakukan sudah berjalan efektif? Kalau belum, kamu bisa mulai lagi dengan melakukan riset pasar.<\/p>\n\n\n\n

    Riset pasar adalah proses pengumpulan dan analisa informasi untuk mendapatkan pemahaman tentang perubahan pasar di mana produk kamu bersaing.<\/p>\n\n\n\n

    Yang dimaksud dengan perubahan pasar di sini berhubungan dengan opini atau tanggapan dari pelanggan potensial terhadap komoditas agrikultur kamu. Kamu bisa melihat bagaimana perilaku konsumen tersebut saat melihat atau mencoba produk.<\/p>\n\n\n\n

    Tujuan dan Manfaat Riset Pasar<\/h2>\n\n\n\n

    Tujuan riset pasar adalah agar komoditas yang ditawarkan laku di pasaran dan diterima oleh target market. Selain itu, dengan melakukan riset pasar kamu bisa mengetahui peluang yang ada, mengenali perubahan pasar, memantau kondisi persaingan di pasar, dan dapat mengurangi resiko dari pengambilan keputusan usaha.<\/p>\n\n\n\n

    Tujuan dan manfaat tersebut didapatkan dari hasil survei, wawancara, pengujian produk, ataupun kelompok diskusi. Nah, setelah ada hasilnya, kamu bisa melakukan beberapa perubahan dan menyempurnakan strategi untuk memperkenalkan komoditasmu ke pasar.<\/p>\n\n\n\n

    Contoh Riset Pasar untuk Perdagangan Hasil Pertanian<\/h2>\n\n\n\n

    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, riset pasar dilakukan untuk menguji produk baru atau mendapatkan informasi tentang apa yang dibutuhkan konsumen. Dalam hal ini, misalkan kamu adalah seorang peternak ayam yang baru memulai usaha. Dengan melakukan riset pasar, kamu ingin mengetahui atau mendapatkan data berupa:<\/p>\n\n\n\n