{"id":1248,"date":"2023-06-20T15:00:00","date_gmt":"2023-06-20T08:00:00","guid":{"rendered":"https:\/\/www.pasarmikro.id\/buletin\/?p=1248"},"modified":"2023-06-27T15:20:05","modified_gmt":"2023-06-27T08:20:05","slug":"cara-menemukan-peluang-pasar-baru-untuk-komoditas-agribisnis","status":"publish","type":"post","link":"https:\/\/www.pasarmikro.id\/buletin\/cara-menemukan-peluang-pasar-baru-untuk-komoditas-agribisnis\/","title":{"rendered":"Cara Menemukan Peluang Pasar Baru untuk Komoditas Agribisnis"},"content":{"rendered":"\n

Mengetahui peluang pasar baru dalam komoditas agrikultur bisa memaksimalkan keuntungan. Dengan mengetahui peluang pasar baru berarti kamu bisa mendapatkan peluang pintu inovasi dan pertumbuhan usaha.<\/p>\n\n\n\n

Cara awal untuk mengenal peluang pasar baru adalah melihat segmen pasar yang belum sepenuhnya dimanfaatkan. Termasuk penggunaan digitalisasi agrikultur yang bisa membuka peluang pasar baru untuk komoditas agrikultur.<\/p>\n\n\n\n

Artikel ini akan membantu kamu bagaimana mengenal dan mencari tahu peluang pasar baru, hingga tips bagaimana memanfaatkannya untuk komoditas agrikultur.<\/p>\n\n\n\t\t\t\t

\n\t\t\t\t
\n\t\t\t\t\t\t
\n\t\t\t\t\t\t\tDaftar Isi<\/strong>\t\t\t\t\t\t<\/div>\n\t\t\t\t\t\t\t\t\t\t\t\t\t\t\t\t
\n\t\t\t\t\t\t
  1. Apa itu Segmentasi Pasar?<\/a>
  2. Peluang Pasar Baru dalam Komoditas Agrikultur<\/a>
  3. Tips Mempermudah Menemukan Peluang Pasar Baru<\/a>
  4. Pertanyaan Umum Seputar Peluang Pasar<\/a><\/ol>\t\t\t\t\t<\/div>\n\t\t\t\t\t\t\t\t\t<\/div>\n\t\t\t\t<\/div>\n\t\t\t\n\n\n

    Apa itu Segmentasi Pasar?<\/h2>\n\n\n\n

    Seperti yang dituliskan sebelumnya, kamu bisa mencari tahu segmen pasar mana yang sudah kamu manfaatkan sepenuhnya dan yang belum. Lalu, apa itu segmen atau segmentasi pasar?<\/p>\n\n\n\n

    Adapun pengertian segmentasi pasar menurut para ahli, antara lain:<\/p>\n\n\n\n

      \n
    1. Kasali<\/strong><\/li>\n<\/ol>\n\n\n

      Segmentasi adalah kegiatan mengklasifikasikan pasar ke dalam kelompok-kelompok yang menjadi konsumen potensial serta memiliki kesamaan perihal yang dibutuhkan atau kesamaan karakteristik juga respon yang sama dalam penggunaan uangnya.<\/p>\n\n\n

        \n
      1. Saladin<\/strong><\/li>\n<\/ol>\n\n\n

        Suatu metode yang menggolongkan pasar kedalam beberapa golongan pembeli yang mungkin sama dengan kebutuhan pasar dan juga karakteristik yang sering memperlihatkan hubungan yang sama.<\/p>\n\n\n

          \n
        1. Pride dan Ferrel<\/strong><\/li>\n<\/ol>\n\n\n

          Suatu proses membagi pasar ke dalam segmen-segmen pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik yang menunjukkan adanya kesamaan perilaku pembeli.<\/p>\n\n\n

            \n
          1. Philip Kotler dan Gary Amstrong<\/strong><\/li>\n<\/ol>\n\n\n

            Segmentasi pasar merupakan suatu proses membagi pasar ke dalam segmen-segmen pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik yang menunjukkan adanya kesamaan perilaku pembeli.<\/p>\n\n\n

            Nah, dari pengertian segmentasi pasar menurut para ahli, kamu sudah bisa menyimpulkan kan apa itu segmentasi pasar. Ya, secara umum, segmentasi pasar adalah strategi atau cara untuk mengelompokkan konsumen kedalam beberapa kelompok.<\/p>\n\n\n\n

            Kelompok atau jenis dari segmentasi pasar terdiri dari:<\/p>\n\n\n\n

              \n
            1. Segmentasi perilaku<\/strong> : pengelompokan konsumen berdasarkan tingkah lakunya.<\/li>\n\n\n\n
            2. Segmentasi demografis<\/strong> : pengelompokan konsumen berdasarkan usia, jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan, status menikah.<\/li>\n\n\n\n
            3. Segmentasi psikografis<\/strong> : pengelompokan konsumen berdasarkan gaya hidup, hobi, dan ketertarikan lainnya.<\/li>\n\n\n\n
            4. Segmentasi geografis<\/strong> : pengelompokan konsumen berdasarkan tempat tinggal<\/li>\n<\/ol>\n\n\n\n

              Untuk menemukan peluang pasar baru, kamu bisa mulai dengan mulai pengelompokan segmen pasar mana yang belum dimanfaatkan, mana yang sudah berjalan atau pun yang belum sepenuhnya.<\/p>\n\n\n\n

              Peluang Pasar Baru dalam Komoditas Agrikultur<\/h2>\n\n\n\n

              Ada banyak peluang untuk pasar baru dalam komoditas pertanian. Beberapa area yang paling menjanjikan meliputi:<\/p>\n\n\n\n