{"id":1072,"date":"2023-06-05T16:53:47","date_gmt":"2023-06-05T09:53:47","guid":{"rendered":"https:\/\/www.pasarmikro.id\/buletin\/?p=1072"},"modified":"2023-07-24T12:04:05","modified_gmt":"2023-07-24T05:04:05","slug":"tips-menemukan-dan-menjangkau-konsumen-produk-pertanian-kamu","status":"publish","type":"post","link":"https:\/\/www.pasarmikro.id\/buletin\/tips-menemukan-dan-menjangkau-konsumen-produk-pertanian-kamu\/","title":{"rendered":"Tips Menemukan dan Menjangkau Konsumen Produk Pertanian Kamu"},"content":{"rendered":"\n
Indonesia dikenal sebagai negara agraris<\/a> dan maritim<\/a>. Betapa kayanya sumber daya alam yang sudah Indonesia miliki ya. Maka tak heran, pada saat awal pandemi Covid-19, banyak sektor mengalami penurunan sedangkan agribisnis<\/a> di Indonesia semakin meningkat. Dari sini kita bisa lihat bahwa Indonesia mampu menjadi pemasok produk pangan di tingkat global.<\/p>\n\n\n Kementerian Perdagangan (Kemendag) Indonesia menunjukkan, nilai ekspor nonmigas sektor pertanian Indonesia mencapai US$ 3,83 miliar periode Januari-November 2021. Nilai tersebut meningkat 4,1% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang tercatat sebesar US$ 3,68 miliar.<\/em> – Katadata<\/p>\n\n\n Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melaporkan, jumlah produksi ikan telah mencapai 17,76 juta ton sejak kuartal I-III\/2022. Angkanya sudah mencapai 68,07% dari target produksi ikan sepanjang tahun ini yang sebesar 27,09 ton.<\/em> – DataIndonesia.id<\/a><\/p>\n\n\n\n Pasar untuk komoditas agribisnis semakin berkembang akan membawa dampak yang baik tentunya untuk para petani, nelayan, dan juga peternak. Tetapi, bisa juga membuat kewalahan dalam menjualnya.<\/p>\n\n\n\n Beberapa pertanyaan di atas akan menjadi pertimbangan saat memasarkan komoditas agribisnis. Nah, untuk Anda para petani, nelayan, dan juga peternak yang sedang mengalami kebingungan dalam menjual produk atau juga bagi Anda yang ingin memulai agribisnis<\/a>. Artikel ini akan membantu kamu untuk menemukan cara untuk memasarkan komoditas dan menemukan pasar yang tepat.<\/p>\n\n\n\t\t\t\t Komoditas agribisnis Indonesia sudah terkenal keunggulannya. Akan tetapi produk yang unggul belum tentu berharga kalau tidak diterima oleh orang-orang yang membutuhkan dan menginginkannya.<\/p>\n\n\n\n Pasar yang tidak tepat dapat mengubah produk yang hebat menjadi kegagalan besar. Melansir dari Network Advertising Initiative<\/em>, \u201ciklan yang ditargetkan berdasarkan perilaku dua kali lebih berharga dan dua kali lebih efektif daripada iklan yang tidak ditargetkan.\u201d Jadi, apa itu target pasar?<\/p>\n\n\n\n Target pasar adalah sekelompok orang yang telah diidentifikasi sebagai pelanggan potensial yang paling mungkin untuk suatu produk karena karakteristik mereka yang sama, seperti usia, pendapatan, dan gaya hidup.<\/p>\n\n\n\n Mulai pikirkan, siapa saja yang menginginkan produk kamu. Untuk mengetahui target pasar, kamu bisa mulai dengan mengelompokkan segmentasi pasar, seperti di bawah ini:<\/p>\n\n\n\n Segmentasi demografik adalah hal yang paling utama dan mendasar dalam menentukan target pasar. Apa saja yang termasuk segmentasi demografik?<\/p>\n\n\n\n Dari pengelompokkan di atas, apa kamu sudah bisa mengelompokkan komoditas agribisnis yang kamu punya?<\/p>\n\n\n\n Untuk segmentasi yang satu ini, target pasar fokus berdasarkan lokasi atau wilayah. Dengan segmentasi geografik, kamu bisa tahu kebutuhan masing-masing dari target pasar setiap wilayah.<\/p>\n\n\n\n Segmen pasar yang satu ini membagi target pasar berdasarkan kelas ekonomi, preferensi gaya hidup, dan juga kepribadian.<\/p>\n\n\n\n Untuk segmentasi perilaku, pengelompokkan konsumen ini berdasarkan tingkah lakunya. Kamu dapat mengelompokkan mulai dari sikap, pengetahuan, lotalitas serta respon akan produk tersebut.<\/p>\n\n\n\n Setelah menentukan target pasar, masih ada tahapan-tahapan yang harus kamu lakukan untuk mengidentifikasikan dan menargetkan pembeli yang tepat untuk produk agrikultur kamu, di antaranya:<\/p>\n\n\n\n Kamu sebagai nelayan, petani, dan juga peternak dapat menemukan pedagang atau tengkulak yang tepat jika dapat memahami kualitas produk yang dimiliki. Misalkan saja, hasil panen yang kamu miliki yakni bersih, bebas pestisida dan herbisida, serta aman dari penyakit. Dengan lebih memahami produk yang dimiliki, kamu akan semakin percaya diri saat melakukan penjualan ke tengkulak atau pedagang.<\/p>\n\n\n\n Persona pembeli merupakan representasi dari tipe target pelanggan sebuah bisnis yang diperoleh dari hasil riset pasar mendalam. Riset pasar yang dilakukan seperti survei, kelompok fokus, dan wawancara. Sehingga hasil dari riset pasar tersebut, kamu akan mendapatkan data untuk menentukan karakteristik dan mengungkapkan kebutuhan pelanggan.<\/p>\n\n\n\n Bagaimana kamu sebagai petani, nelayan, dan juga peternak akan memasarkan produk? Selama ini, tengkulak atau pengepul membantu petani, nelayan, dan peternak untuk memasarkan komoditasnya. Peranan tengkulak dalam membantu penjualan masih sangat efektif, lho! Selain membantu penjualan, tengkulak juga berfungsi sebagai mitra dalam hal finansial dan penasihat pertanian.<\/p>\n\n\n\n Sayangnya, untuk menemukan tengkulak atau pengepul yang terbaik cukup sulit. Padahal saat mendapatkan tengkulak atau pengepul yang terbaik, akan membantu nelayan, petani, dan peternak untuk menghubungkan ke para distributor dan perusahaan yang tertarik membeli komoditas pertanian.<\/p>\n\n\n\n Oleh karena itu, untuk menemukan tengkulak yang terbaik, kamu dapat menggunakan PasarMIKRO<\/a>. Dengan PasarMIKRO<\/a>, kami membantu para petani, peternak, nelayan bisa bertemu dengan tengkulak terbaik yang telah kami kurasi berdasarkan pengalaman sebelumnya.<\/p>\n\n\n\n Pernahkah kamu mengalami pengalaman buruk misalkan telah melakukan transaksi dan melakukan pengiriman. Akan tetapi, pembayaran dari tengkulak atau pengepul tidak dibayarkan. Hal semacam itu jelas akan membawa kerugian dan bisa saja menyebabkan trauma untuk bekerjasama dengan pihak lain.<\/p>\n\n\n\n PasarMIKRO bisa menjadi komunitas perdagangan terpercaya yang akan menemukan para petani, peternak, dan nelayan dengan para tengkulak atau pedagang terbaik.<\/p>\n\n\n\n Satu hal lagi, semua pengguna baik petani, peternak ataupun nelayan hingga para tengkulak dan pedagang yang menggunakan PasarMIKRO telah melalui pemeriksaan keamanan. Jadi, kamu tidak perlu ragu lagi untuk bertransaksi ya!<\/p>\n\n\n\n\n
Memahami Target Pasar adalah Kunci Awal Pemasaran<\/h2>\n\n\n\n
1. Demografik<\/h4>\n\n\n\n
\n
2. Geografik<\/h4>\n\n\n\n
3. Psikografis<\/h4>\n\n\n\n
4. Perilaku<\/h4>\n\n\n\n
Langkah-Langkah Untuk Menemukan Pembeli yang Tepat<\/h2>\n\n\n\n
1. Memahami Nilai Produk<\/h4>\n\n\n\n
2. Membuat Persona Pembeli<\/h4>\n\n\n\n
3. Identifikasi Kanal Penjualan<\/h4>\n\n\n\n
Mengapa Harus Gunakan PasarMIKRO?<\/h2>\n\n\n\n
\n